Pemberkasan PPPK? Perhatikan informasi Dokumen dan ketentuan pengajuan NI PPPK Guru ini

Selamat untuk sobat PPPK 2021 yang sudah dinyatakan lulus ke tahap pemberkasan. Perlu diperhatikan bahwa dokumen-dokumen yang dipersyaratkan harus diperhatikan kesesuaian dengan ketentuan yang diminta oleh BKN. Jangan sampai ketentuan tersebut diabaikan ya.

Sebelum membahas ketentuan-ketentuan tersebut, kita ingatkan lagi mengenai 10 Dokumen Pemberkasan NI PPPK Guru yang harus dipersiapkan ya.

  1. File scan ijazah pendidikan asli (ijazah penyetaraan DIKTI untuk lulusan luar negeri) yang digunakan untuk melamar formasi CASN
  2. File scan transkrip nilai asli yang digunakan untuk melamar formasi CASN
  3. File scan surat lamaran CASN yang ditujukan kepada instansi yang sobat lamar (sistem akan menampilkan surat lamaran pada awal pendaftaran jika ada)
  4. File pas foto formal terbaru dengan latar belakang warna merah
  5. File scan surat pernyataan 5 poin sesuai dengan peraturan BKN Nomor 1 Tahun 20219 untuk PPPK yang sudah dibubuhi materai serta ditandatangani oleh calon ASN
  6. File scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih beralaku
  7. File scan daftar riwayat hidup yang diisi dan diunduh dari pengisian DRH pada web SSCASN yang digabungkan menjadi 1 file pdf dan sudah dibubuhi materai serta ditandatangani oleh calon ASN
  8. File scan bukti pengalaman kerja asli yang ditandatangani atau fotocopy yang dilegalisir oeh pejabat yang berwenang (apabila memiliki pengalaman kerja)
  9. File scan surat keterangan tidak mengonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya yang ditandatangani oleh dokter dari unit pelayanan kesehatan pemerintah
  10. File scan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan pemerintah.

Lalu apa saja ketentuan dokumen yang harus diperhatikan?

  1. File scan ijazah pendidikan asli, transkrip nilai asli, surat lamaran, surat pernyataan, SKCK, Daftar Riwayat Hidup, bukti pengalaman kerja, surat keterangan tidak mengonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, berformat PDF dengan ukuran maksimal 1000 KB
  2. File pas foto formal terbaru dengan format JPG/JPEG dan ukuran maksimal 500 KB

Saat mempersiapkan pemberkasan sobat juga harus memperhatikan bahwa dokumen-dokumen yang diminta harus diperhatikan masa berlakunya. Sebaiknya sobat segera mencari grup sosmed atau chat yang berisi kumpulan guru-guru yang lolos dan sama-sama mempersiapkan pemberkasan. Apalagi jika sobat selama ini sendiri, karena dikhawatirkan ada info yang tertinggal atau berbeda dengan daerah lain.

Selain itu dengan ikut bergabung dalam grup tersebut sobat bisa mendapatkan informasi pemberkasan di lapangan, seperti bagaimana alur pembuatan surat keterangan tidak mengonsumsi.menggunakan narkotika atau surat keterangan sehat jasmani dan rohani ternyata ada daerah yang memfasilitasi pembuatannya dalam satu waktu atau dijadwalkan.

Namun jangan panik juga ketika banyak yang terburu-buru mempersiapkan berkas-berkas, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah dokumen yang dipersiapkan memang menjadi persyaratan. Jangan sampai sudah dipersiapkan dengan susah payah, ternyata tidak termasuk dokumen yang diminta. Misal di suatu daerah ternyata ada guru-guru yang melegalisir KK, terlebih lagi KK tersebut sudah ada barcodenya. Sebagaimana kita ketahui bahwa dokumen yang berbarcode biasanya tidak perlu dilegalisir lagi karena bisa langsung dicek keasliannya dengan barcode tersebut.

Semoga proses pemberkasan yang sedang dilalui atau disiapkan oleh sobat senantiasa ada dalam kelancaran. Dan bagi sobat PPPK yang belum lulus di tahap 1 dan 2 tetap semangat dan persiapkan untuk menghadapi PPPK Guru Tahap 3 tahun 2022 ini.

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

close