Simulasi Tes PPPK kurangi dampak gagap teknologi

Tes PPPK berbeda dengan tes CPNS. Salah satu perbedaanya adalah guru yang berusia di atas 35 tahun masih bisa mengikuti seleksi tes PPPK (P3K) 2021.

Di tengah kabar bahagia tersebut, rupanya bagi para guru yang usianya di atas 40 tahun dan masih belum bisa menyesusaikan dengan penggunaan gawai tentu akan berdampak oada kesiapan saat melaksanakan ujian dengan menggunakan komputer. Padahal faktor pembiasaan dalam penggunaan gawai tersebut akan sangat berpengaruh terhadap mental dan akhirnya berpengaruh juga pada hasil akhir tes. Boleh jadi jika belum terbiasa menggunakan aplikasi CAT atau komputer maka peserta yang “gagap teknologi” akan berpeluang untuk terlambat dalam mengerjakan soal atau tidak konsentrasi dalam berpikir karena fokusnya teralihkan dengan menghadapi gawai yang belum terbiasa digunakannya.

Untuk mengatasi dampak merugikan ketika tes tersebut, guru yang masih merasa belum terbiasa dengan aplikasi CAT pada khususnya atau belum terbiasa dengan penggunaan komouter pada umumnya sangat disarankan untuk melakukan persiapan secara praktik, yaitu langsung berlatih dengan metode simulasi. Dengan metode simulasi tes PPPK, selain bisa menambah materi baru atau mengingat materi lama, juga sangat bisa dijadikan sarana pembiasaan dalam penggunaan gawai dan aplikasi CAT.

Untuk membantu guru-guru dalam membiasakan latihan dengan simulasi tes PPPK, sangat disarankan untuk menggunakan fasilitas di TesPPPK.com. TesPPPK.com sangat mudah dalam penggunaannya, setelah terdaftar sebagai anggota, guru cukup memilih menu simulasi sesuai dengan mata pelajaran yang diikutinya. Tidak ada sistem paket soal, cukup dengan 1 link per mapel maka akan memunculkan soal acak dari database. Dengan menggunakan database soal, maka variasi soal pun menjadi lebih banyak.

Bagi guru yang tidak memiliki komputer, TesPPPK.com memberikan tampilan simulasi tes yang sangat mirip antara versi komputer, tablet atau smartphone. Walaupun tampilan website awalnya responsive menyesuaikan dengan ukuran layar, tetapi saat memasuki simulasi maka tampilan aplikasi akan sama baik di layar komputer maupun gawai lainnya.

Untuk guru yang menggunakan smartphone atau tablet disarankan untuk memiringkan layar menjadi mode landscape sehingga tampilan menjadi fullscreen.

Dengan banyaknya latihan menggunakan aplikasi CAT, maka akan menambah kesiapan untuk menghadapi tes yang sesungguhnya. Bahkan dengan fitur TryOut, maka guru anggota dari TesPPPK.com dapat mengukur dan membandingkan kemampuannya dengan peserta lain secara nasional.

Untuk panduan pendaftaran silakan menyimak panduan pada link berikut TesPPPK.com/panduan.

Tinggalkan Balasan

Shopping cart

close